Setahun pernikahan

 

Tepat ditanggal 15 Mei kemarin, pernikahanku dan mas Aii tepat satu tahun.

Rasanya masih ngga nyangka bisa hidup dengan manusia yang baru kukenal dengan waktu yang sangat singkat.


Setelah satu tahun pernikahan ini, aku bener bener bisa ngerasain apa arti kehidupan yang sebenarnya. Bisa belajar banyak banget pelajaran hidup yang engga akan aku dapetin dimanapun itu. 


Mulai dari hal terkecil, bagaimana cara menghormati satu sama lain, membagi waktu untuk keperluan bersama, cara berkomitmen, saling memaafkan, menerima sebuah kesalahan, dan mencintai tanpa syarat.


Sekali dua kali, ada aja terjalnya ujian dalam pernikahan, tapi mas Aii selalu bilang kalau inilah sebuah pernikahan, pasti ada aja lika liku kehidupannya.


Pernah ada difase bahagia banget, bersyukur punya suami yang sabar dan pemaaaff banget, bahkan kalau dihitung mas Aii nggak pernah sekalipun bentak kalau lagi negur atau bahkan marah. 

Cara nasehatinnya pasti bakalan nunggu suasananya nyaman, moodku membaik, sesekali digodain dan selalu minta maaf duluan walaupun aku yang salah. 

Nggak bermaksud apa-apa. I mean, disini aku sedikit jelasin kalau umur nggak menjamin apapun dalam sebuah pernikahan. Karena diposisi ini, mas Aii lebih muda dari aku, tapi bisa dibilang jauh lebih dewasa.

I’m not too old. Lol


Dan pernah juga ada difase sedih dan kesepian banget. 

Secara, seorang istri itu punya banyak banget kewajiban yang harus ditunaikan, dan aku banyak menghabiskan waktu sendiri dirumah. 

Kayanya aku udah berteman baik banget sama keheningan.


Ngeliat temen-temen selalu kumpul bareng, ada aja waktu kosongnya untuk sekedar ketemu dan kumpul seharian.

Tapi susah banget untuk seseorang yang udah menikah. Kalaupun bisa join, ngga akan bisa lama, karna fikirannya udah melayang kemana-mana.

Belum cuci baju, setrikaan masih ada, sayur habis, belum masakin suami, rumah kotor dan masih banyak lagii fikiran fikiran aneh yang berseliweran.


Persiapan kesabaran dalam pernikahan juga kudu, bahkan wajib banget banget.

Bakalan banyak nemuin pertanyaan orang orang diluar dugaan yang harus dibarengi rasa sabar. 


Dan kalau udah satu tahun menikah, ini kondisi gencar-gencarnya untuk pertanyaan orang orang 

“hei, kapan punya anak”

Huhh. Nggak tersinggung sebenernya, justru aku bingung gimana jawab dan nanggepinnya.


Siapa sih yang nggak mau punya baby?! rumah jadi ramai, ada yang lucu, dan bakalan jadi kesayangan keluarga karna ada cucu/ponakan.

Bahkan aku sendiri, nggak jarang kok pengen punya baby secepatnya.


Tapi, diri lebih sering nolak, dengan alasan simple yaitu, belum siap.

Diri masih banyak banget kurangnya, iman masih sering suka loyo, kuliah belum aman, pengalaman juga belum memadai. 

Entahlah, rasanya masih belum pantas ilmunya. 

Walaupun masih bisa dengan alasan bisa learn by doing. Tapi menurutku ini masih tetap butuh banyak belajar.


Dan dilain sisi aku cuma bisa berharap sesuatu baik bakalan terus terjadi. Aku minta, tapi hanya Allah yang bisa kasih mana yang terbaik nantinya.


Bantu doa, semoga studyku lancar, usahaku bisa lebih baik lagi, dan bisa jadi sosok istri dan ibu yang hebat untuk kedepannya.

Dan semoga urusan kita semua dimudahkan setiap harinya. Aamiin


Semangat untuk kita semua.

Hidup itu ada aja cobaannya, tapi seruu!!

Komentar